![]() |
| Dzikru Haul Simbah Kyai Abdul Hamid Pasuruan (10 desember 2016) |
Kyai Abdul Hamid bin Abdullah bin Umar dilahirkan diLasem, Rembang, Jawa Tengah tahun 1333.H, Dilahirkan dengan nama kecil “Abdul Mu`thi”. sejak kecil beliau dibimbing
oleh ayahanda beliau, setiap hari beliau mengaji di mushola yang terletak
persis di samping rumah beliau.
Naik Haji
Suatu ketika KH.Siddiq singgah di Lasem dan langsung mengajak Kyai Hamid
menunaikan ibadah haji dan ziarah ke makam Rasululloh SAW. Sepulang dari Makkah
pada usia 15 tahun beliau dipondokan ke pondok pesantren Tremas,pacitan.
Mondok di Tremas pada periode Tremas inilah potensi spiritual kyai Hamid
mulai terasa. kecemerlangan spiritualnya membuat kagum banyak pihak, hingga
tidak sedikit kawan beliau menjadkan kyai Hamid sebagai guru, dan mengikuti
jejak beliau ke Pasuruan.
Menikah di Pasuruan
kyai Hamid dinikahkan degan putri Kyai Ahmad Qusairy kebonsari pasuruan.
dan sejak itu beliau tinggal dan menetap di Pasuruan. kehidupan Kyai Hamid
teramat sederhana, beliau bekerja sebagai guru ngaji dan juga sebagai belantik.
pekerjaan belantik itu di daerah bangil dengan jarak kurang lebih 15 km sebelah
baratPasuruan. setiap hari beliau ke sana dnegan menggunakan sepeda, beliau
menjalani itu semua dengan tabah. sampai sampai beliau hanya mempunyai satu
sarung yang sudah menerawang sangking tuanya sehingga setiap sholat beliau
menutupinya dengan sorban.
Berguru pada Habib Ja`far
Periode pasuruan adalah periode emas dari perjalanan spiritual beliau.
disinilah beliau mulai dan mungkin mengasah diri dengan pancaran ruhhul
ilahiyah yang begitu cemerlang. di Pasuruan ini pula beliau semakin mendekatkan
diri pada kalangan ulama dan habaib kususnya dengan Habib Ja'far bin Syaikhon
Assegaf pasuruan yang merupakan guru utama beliau. bersama habib ja`far inilah
potensi spiritual beliau semakin terasa, hal ini diakui oleh habib ja`far bahwa
dibanding murid yang lain, kyai hamid memiliki keunggulan tersendiri yang
sangat sulit dicapai oleh orang lain. kekaguman dan kepercayaan habib ja`far
diwujudkan dengan dipercayakanya Kyai Hamid untuk menjadi imam sholat Maghrib
dan isya` di kediaman habib ja`far, meski demikian kyai hamid tetap tidak
mengurangi takzim beliau kepada sang guru, begitu merendahnya kyai hamid
dihadapan habib ja`far ibarat penda ditangan pemiliknya, Pena tidak akan
bergerak jika tidak digerakan pemiliknya, demikian juga kyai hamid keberadaanya
seakan hilang dan menyatu dengan habib ja`far. keunggulan kyai hamid di bidang
keilmuan mungkin dapat diungguli oleh orang lain, namun dua hal menjadi
kelebihan tesendiri bagi kyai hamid adalah sifat zuhud dan tawadhu yang jarang
dimiliki oleh orang lain. bahkan ketika habib ja`far wafat ketika ziaroh ke
makam habib ja`far kyai hamid sangking takzimnya dan tawadu nya tidak berani
duduk lurus pada posisi kepala tapi selalu duduk pada posisi kaki habib ja`far.
inilah sifat tawaddhu beliau yang sangat tinggi.
Isyarat Kewalian
tidak lama setelah wafatnya habib ja`far semakin tampak pancaran kemuliaan
kyai hamid. nampaknya beliau mewarisi asror habib ja`far sebagai waliyulloh,
hal ini ada yang melihat pulung atau ndaru yang cemlorot di malam hari
berpindah dari rumah habib ja`far ke daerah pondok pesantren salafiyah tempat
kyai hamid tinggal.
Beberapa Karomah Kyai Hamid
suatu ketika ada seseorang meminta nomertogel apda kyai hamid. oleh kyai
hamid diberi dengan syarat jika dapat uangnya harus dibawa kehadapan kyai
hamid. dan oleh orang tersebut dipasanglah nomer tersebut dan menang. uangnya
dibawa kehadapan kyai hamid. oleh kyai uang tersebut dimasukan ke dalam bejana
dan disuruh melihat apa isinya. dan terlihat isinya darah dan belatung. kyai
hamid berkata "tegakah saudara memberi makan anak istri saudara dengan
darah dan belatung?". orang tersebut menangis dan pulang kemudian
bertobat. setiap pergi ke manapun kyai hamid selalu didatangi oleh umat, yang
berduyun duyun meminta doa padanya. bahkan ketika naik haji ke mekkah pun
banyak orang tak dikenal dari berbagai bangsa yang datang dan berebut mencium
tangannya. darimana orang tau tentangd erajat kyai hamid?mengapa orang selalu
datang memuliakanya?konon inilah keistimewaan beliau, beliau derajatnya
ditinggikan oleh Allah SWT. pada suatu saat orde baru ingin mengajak kyai hamid
masuk partai pemerintah. kyai hamid menyambut ajakan itu dengan ramah dan
menjamu tamunya dari kalangan birokrat itu. ketika surat persetujuan masuk
partai pemerintah itu disodorkan bersama pulpennya, kyai hamid menerimanya dan
menandatanganinya. anehnya pulpennya tak bisa keluar tinta, diganti polpen lain
tetap tak mau keluar tinta. ahirnya kyai hamid berkata "bukan saya lo yang
gak mau, bolpointnya yang gak mau". itulah kyai hamid dia menolak dengan
cara yang halus dan tetap menghormati siapa saja yang bertamu kerumahnya.
Akhir Hayat
8 rabiul awal 1403.H, sehari sebelum beliau wafat, bertepatan dengan acara
haul ayahanda beliau kyai abdulloh bin umar, beliau menyempatkan diri ke lasem
dan datang ke rumah gede, tempat dimana beliau dilahirkan. tidak seperti
biasanya beliau sholat 2 rakaat didekat tiang utama lalu memimpin masyarakat
sekitar yang datang untuk bertahlil seperti mengantar jenazah ke kuburan.
tanggal 9 rabiul awal 1403,H. beliau berpulang ke rahmatulloh, umatpun
menangis, gerak kehidupan dipasuruan seakan terhenti, bisu oleh luka yang
dalam, puluhan bahkan ratusan ribu orang membanjiri pasuruan, memenuhi relung
relung masjid agung al anwar dan alun alun serta memadati gang gang dan ruas
jalan didepannya. beliau dimakamkan di turba belakang masjid agung al anwar
pasuruan. ribuan umat selalu menziarahinya setiap waktu mengenang jasa dan
cinta beliau kepada umat.
Ijazah-Ijazah
Seperti kebanyakan para kiai, Kiai Hamid banyak memberi ijazah (wirid)
kepada siapa saja. Biasanya ijazah diberikan secaara langsung tapi juga pernah
memberi ijazah melalui orang lain. Diantara ijazah beliau adalah: 1. Membaca
Surat Al-Fatihah 100 kali tiap hari. Menurutnya, orang yang membaca ini bakal
mendapatkan keajaiban-keajaiban yang tak terduga. Bacaan ini bisa dicicil
setelah sholat Shubuh 30 kali, selepas shalat Dhuhur 25 kali, setelah Ashar 20
kali, setelah Maghrib 15 kali dan setelah Isya’ 10 kali. 2. Membaca Hasbunallah
wa ni’mal wakil sebanyak 450 kali sehari semalam. 3. Membaca sholawat 1000
kali. Tetapi yang sering diamalkan Kiai Hamid adalah shalawat Nariyah dan
Munjiyat. 4. Membaca kitab Dala’ilul Khairat. Kitab ini berisi kumpulan
shalawat.
sumber Fp Al Fadlu
![]() |
| Dzikru Haul Simbah Kyai Abdul Hamid Pasuruan (10 desember 2016) |


Post a Comment Blogger Facebook